Select Page

Curug Cibadak – Keindahan dan Kekayaaan alam yang dimiliki oleh Kota Garut mungkin tidak akan ada habisnya bila terus dibahas dan dirinci, sebab Garut memiliki tempat wisata yang sangat banyak dan nyaman untuk dikunjungi. Kali ini saya akan membahas tentang tempat wisata alam yaitu Curug Cibadak, di garut sendiri cukup terkenal dan sudah banyak warga lokal yang datang kesini, berbagai tujuan mulai dari ingin foto – foto, bermain air terjun atau hanya sekedar melepas kepenatan selama seharian beraktivitas.

Tempat wisata ini berada di Desa Cisangkal, Kecamatan Cihurip Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Lahirnya nama ini dikarenakan aliran aor terjun tersebut dari sungai cibadak, maka dari situlah nama curug cibadak lahir dan disebut oleh warga lokal. Debit air yang mengalir ke curug ini cukup deras, maka bagi wisatawan yang ingin berenang dan bermain air disini, tentunya harus hati – hati dan jangan sampai terpisah dari rombongan wisata anda, supaya ada yang saling memperhatikan diantara sesama wisatawan.

Curug cibadak tersebut mulai dikelola oleh masyarakat desa cisangkal sekitar tahun 2016 lalu, dengan memberlakukan tiket masuk bagi pengunjung. Curug ini masih asri dan belum ada limbah seperti ditempat lain, airnya masih asli, debit air besar bila musim hujan datang, namun bila musim kemarau, debit air tentunya akan sangat berkurang. Walaupun sudah dikelola oleh masyarakat, namun fasilitas disini belum memadai karena kekurangan dana, jadi jangan heran bila anda datang ke curug ini, situasi disana masih sangat sederhana dan masih alami.

Namun tempat wisata ini ini memberikan keindahan alam yang sangat bagus, curug cibadak memiliki tingkatan air terjun yang bisa menarik wisatan. Ketinggian Curug ini pernah di ukur oleh tim pemanjat tebing dan tim Ekspedisi dari Metro TV. Ternyata setelah diukur dari titik air terjun pertama, Juga memiliki ketinggian lebih dari 100 M yang tentunya melebihi ketinggian curug sanghiyang taraje.

Letak Curug Cibadak tidak jauh dari jalanan desa yaitu berada di samping kiri jalan, bahkan dari jalan pun anda sudah bisa menikmati Pemandangan indah karena letak nya yang hanya beberapa meter dari jalanan desa, sehingga untuk menuju lokasi tidak diperlukan trekking yang terlalu jauh. View disekitaran Curug berupa pemandangan hijau pesawahan dan perkebunan warga yang masih sangat asri.