Select Page

Leuwi Jubleg Garut – Kembali kita review tentang tempat wisata alam yang sangat indah dan cantik serta bisa dinikmati oleh seluruh wisatawan yang ada di Indonesia. Kali ini kita akan membahas tentang tempat wisata yang ada di salah satu Kabupaten di Jawa Barat, teatnya di Kab. Garut, yaitu tempat wisata Leuwi Jubleg. Berada di Kampung Cikupa, Desa Cihikeu, Kecamatan Bungbulang – Garut. Diambil dari bahasa sunda, leuwi yang artinya cekungan atau lingkaran air yang jatuh dan tidak langsung mengalir, dan Jubleg adalah lesung untuk menumbuk padi yang sering digunakan pada jaman dulu.

Maka leuwi jubleg diambil dari kondisi area tersebut seperti cekungan lesung. Daro pusat kota Garut sendiri, untuk nyampai ketempat wisata tersebut akan memakan jarak tempuh kurang lebih 76 kilo meter, dan memiliki 570 meter diatas permukaan laut. Leuwi tersebut memiliki aliran air yang sangat jernih dan menyegarkan tubuh bila para wisatawan melakukan mandi dan berendam di sungai tersebut. Tempat wisata yang satu ini cukup rame dikunjungi wisatawan lokal maupun dari beberapa daerah, karena selain airnya yang jernih dan segar, tentunya pemandangan indah akan bisa kita nikmati. Dan tempat wisata ini tidak ada pungutan biaya masuk karena mungkin kondisi yang ada masih alami dan apaadaya belum ada pengelola yang siap melakukan penataan dan perombakan tempat wisata leuwi jubleg, disini hanya tersedia tempat atau bilik – bilik untuk mengganti pakaian para pengunjung.

Bagi anda yang datang daripana saja melalui Kota Garut, bisa mengikuti arah menuju Bungbulang, sebelum pasar Bungbulang akan ada Gapura Desa Cihikeu, nah maka anda harus masuk ke jalan yang ada Gapura tersebut untuk bisa sampai ke tujuan Tempat Wisata ini. Jalannya cukup kecil, namun tenang anda tidak akan kesulitan untuk mencarinya sebab sudah ada petunjuk arah yang dipasang oleh warga sekitar. Wisatawan yang menggunakan kendaraan nantinya akan parkir diarea yang telah tersedia, setelah itu maka akan jalan kaki untuk menuju tempat ini dengan melewati persawahan. Walaupun melewati sawah, petunjuk arah akan kita temukan dan bisa menikmati pemandangan perwahan yang cukup memukau mata kita, selama perjalanan tentunya udara panas akan terasa sebab lokasi ini sudah dekat dengan pantai Garut Selatan, namun udara panas akan hilang seketika bila para wisatawan sudah menikmati keindahan, kesegaran dan kejernihan air leuwi jubleg ini.